Cara Mudah Jaga Badan Tetap Sehat Dimusim Hujan


CaraMudah Jaga Badan Tetap Sehat Dimusim Hujan, dapat Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Awal tahun ini, dihampir seluruh daerah mengalami banjir akibat curah hujan yang cukup besar dan lama. Tak sedikit pula penyakit yang timbul karenanya disamping bencana banjir yang melanda banyak kota.
Indonesia yang memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan, kali ini cukup merasakan dahsyatnya cuaca. Sejak awal tahun banyak kota termasuk ibukota Jakarta mengalami banjir hingga berkali-kali. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan apalagi diikuti dengan munculnya penyakit-penyakit yang biasa mengikutinya.
Pilek, Flu, diare dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang biasa muncul kala musim hujan. Walau seringkali dianggap remeh, tapi jika dibiarkan penyakit-penyakit tersebut dapat berubah lebih berbahaya bagi tubuh. Apalagi jika kondisi badan sedang tidak dalam kondisi prima, maka penyakit akan mudah menyerang.
Setiap orang termasuk Anda pastilah tak ingin sakit, akan tetapi saat kondisi badan tidak fit sakit mungkin saja dialami. Untuk itu Anda perlu jaga badanagar selalu dalam kondisi dan menghindari sakit saat musim hujan. Anda dapat melakukan beberapa tips mudah agar terhindar dari sakit selama musin hujan.

·         Asupannutrisi  yang seimbang.

Saat musim hujan tubuh harus dalam kondisi prima, unutk itu diperlukan adanya asupan nutrisi yang seimbang serta lengkap. Hal ini agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi. Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan serta yang mengandung protein, serat vitamin, lemak, karbohidrat dan mineral.

·         Istirahat yang cukup.

Setelah seharian beraktivitas serta terkena hujan, badan tentunya membutuhkan istirahat. Selain agar esok bangun dengan badan yang segar juga memberikan waktu tubuh untuk istirahat. Apalagi dimusim hujan, badan cenderung rentan jika kurang istirahat.


Baca Juga : Agar Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona, Lakukan 5 Tips Ini

·         Selalu  menyediakan payung.

Satu lagi cara jaga badan tetap sehat saat musim hujan adalah dengan tubuh dan pakaian dalam kondisi kering. Menyediakan payung saat bepergian kemana pun, karena hujan datang sering tak terduga. Selalu membawa payung serta jaket yang cukup tebal atau pun anti angin menjadi salah satu yang perlu Anda lakukan.

·         Perbanyak minum air putih.

Memperbanyak minum untuk menghindari dehidrasi bukan hanya pada saat kemarau atau panas saja. Pada saat musim hujan pun, Anda harus mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap harinya. Ada baiknya Anda mengkonsumsi air hangat karena udara dingin yang terasa serta membantu melancarkan sirkulasi darah.

·         Kurangimakan jajanan kaki lima.

Jajanan kaki lima memang sangat menggoda untuk dicoba, akan tetapi justru harus dihindari. Makanan yang dijual ditempat terbuka seperti cilok, cimol, gorengan rentan terkena debu, bakteri serta kotoran. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda menghindari jajanan tersebut agar terhindar dari sakit.

·         Konsumsivitamin C yang cukup.

Memenuhi kebutuhan vitamin C saat musim hujan sangatlah penting untuk daya tahan tubuh. Anda harus memperbanyak asupan vitamin C dengan mengkonsumsi jeruk, pepaya, jambu biji, stroberi atau pun brokoli. Dengan jaga badan yang sehat, maka dapat terhindar dari penyakit.

RELATED:


·         Teh herbal.

Meminum teh herbal hangat saat musim hujan sangatlah baik kesehatan tubuh.  Jahe, kayu manis, kencur, daun mint dan cengkeh merupakan bahan-bahan herbal yang dapat menjaga imunitas. Selain itu juga dapat menghangatkan tubuh, membuatnya pun mudah dengan meraciknya sendiri.
Anda dapat membuat teh herbal dengan cara merebus bahan-bahan tersebut atau memasukkannya ke dalam air panas. Meminum teh herbal setiap hari, apalagi setelah basah karena air hujan.


Baca Juga : Ini Manfaat Air Rendaman Jahe yang Belum Banyak Orang Tahu

Itulah beberapa cara agar Anda tetap dapat jaga badan saat musim hujan, sehingga tak mudah terkena penyakit. Dengan cara-cara diatas, Anda dapat melakukannya setiap hari tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak serta keluar dari rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel