Kuliner Paling Enak di Singkawang Ini Bikin Ngiler Banget

Singkawang merupakan sebuah kota di Kalimantan Barat, sekitar 145 kilometer sebelah utara Pontianak. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 246 ribuan dengan mayoritas penduduk keturunan Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Mayoritas penduduk keturunan Tionghoa yang memeluk Buddha dan Khonghucu membuat banyaknya bangunan vihara atau kelenteng di sana. Bahkan, Singkawang mendapat julukan "Kota Seribu Kelenteng" dan "Hong Kong-nya Indonesia."

Selain itu, kamu akan merasa cukup sulit mendapatkan makanan halal di sana. Tapi, jangan sedih, berikut ada tujuh kuliner lezat halal khas Singkawang yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.


1. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68


Pecinta bakso "haram" melewatkan tempat kuliner satu ini. Berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 68, tempat ini selalu ramai dan penuh antrean.

Saking populernya, kamu bisa melihat foto orang-orang terkenal yang sudah pernah singgah di sini. Keunikan bakso ini terletak pada tekstur dagingnya yang halus.

Selain itu, rasanya sangat menggugah selera dengan kuahnya yang gurih.


Harga : Rp 25.000 – Rp 30.000
Lokasi : Bakso Sapi 91
Buka jam : 11.00 – 17.00



RELATED:


2. Bakmi Kering Haji Aman


Kuliner lezat selanjutnya berlokasi di Jalan A. Yani, Sedau, Singkawang Selatan. Sesuai namanya, menu andalannya merupakan bakmi kering dengan harga mulai Rp15 ribu. Tersedia kuah kaldu yang lezat untuk kamu yang tidak suka makan mi kering.

Makanan ini sangat hemat di kantong dengan rasa yang nikmat. Daging sapi dan baksonya empuk banget. 
Harga : Rp 15.000 – Rp 30.000
Lokasi : Bakmi Kering Haji Aman Sedau, Singkawang Selatan
Buka jam : 08.00 – 21.00



3. Bubur Pedas


Di Singkawang, bubur pedas merupakan salah satu kuliner khas dengan rasa gurih dan sedikit asam. Bubur ini dicampur dengan kaldu, jagung, pakis, kangkung, tauge, serta ditaburi kacang tanah dan ikan teri.

Baca juga : Sekilas tentang Kota Singkawang


Kamu bisa mencicipinya di Rumah Makan Benareh, samping Bank Mandiri Singkawang.
Harga : Rp 10.000 – Rp 15.000
Lokasi : Warung Bendahre Jalan Merdeka, No. 21
Buka jam : 08.00 – 20.00

3. Kwetiau Goreng (Kin ci cau Pan)


Kalau biasanya kita menyantap mie tiaw direbus, kali ini digoreng. Kwetiau goreng di Singkawang biasa dikenal dengan Kwetiau Asuk. Asuk adalah panggilan kepada penjual kwetiau goreng tersebut. Asuk artinya paman dalam bahasa Khek (Hakka)
Harga : Rp 12.000 – Rp 15.000
Lokasi : Jalan Yos Soedarso, Singkawang
Buka jam : 16.00 – 22.00

4. Bubur Tahu


Bubur Tahu khas Singkawang terbuat dari kembang tahu yang disiram dengan rebusan air jahe yang hangat dan manis. Makanan khas Singkawang ini cocok untuk sarapan dengan rasanya yang lembut dan hangat, cobain deh.
Harga : Rp 5.000
Lokasi : Jalan Jenderal Sudirman
Buka jam : 11.00 s/d 17.00 WIB


9. Bubur Gunting

Baca juga : SEJARAH ASAL USUL ORANG HAKKA

Upss.. tenang, kita tidak memakan gunting kok. Bubur Gunting hanyalah sebutan untuk camilan yang terbuat dari roti goreng atau cakwe. Roti goreng yang panjang dipotong kecil dengan menggunakan gunting yang suaranya khas ting..ting..ting… makanya dikenal dengan nama Bubur Gunting. Setelah digunting lalu disiram dengan kuah kuah kental yang berasal dari tepung kanji dan kacang hijau yang sudah dikupas kulit hijaunya hingga warnanya menjadi putih.
Harga : Rp 5000
Lokasi : Jalan Pangeran Antasari
Buka jam : 08.00 – 15.00

5. Bubur Babi


Bubur kali ini non halal ya teman-teman, seperti namanya Bubur Babi. Tekstur buburnya juga berbeda dari bubur biasanya. Bubur Babi bentuknya mirip seperti nasi yang hampir matang jadi tidak selembut bubur nasi. Ada daging babi, krupuk, sayuran ditambah telur setengah matang menjadi topping khas Bubur Babi.

6. Bubur Gunting

Bubur Gunting hanyalah sebutan untuk camilan yang terbuat dari roti goreng atau cakwe. Roti goreng yang panjang dipotong kecil dengan menggunakan gunting yang suaranya khas ting..ting..ting… makanya dikenal dengan nama Bubur Gunting. Setelah digunting lalu disiram dengan kuah kuah kental yang berasal dari tepung kanji dan kacang hijau yang sudah dikupas kulit hijaunya hingga warnanya menjadi putih.
Harga : Rp 5000
Lokasi : Jalan Pangeran Antasari
Buka jam : 08.00 – 15.00

Nah, itu tadi Kuliner Singkawang yang harus kamu coba ketika berkunjung di Singkawang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel