Agar Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona, Lakukan 5 Tips Ini


Agar Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona, Lakukan 5 Tips Ini - Social distancing atau jaga jarak sosial yang digaungkan pemerintah merupakan suatu bentuk usaha untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. Hal tersebut berefek pada rutinitas harian masyarakat. Jalan-jalan maupun pusat keramaian kini mendadak sepi.

Belum ada yang mengetahui kapan masa social distancing ini berakhir. Sebab, virus Corona masih menyebar pada ratusan orang di negeri ini. Akibatnya, tak sedikit orang yang merasa bosan berada di rumah saja. Hal tersebut memicu mereka melakukan beberapa hal untuk menghindari stres, misalnya dengan banyak makan dan mengonsumsi makanan manis.

Lal tersebut sejatinya bisa menyebabkan kekebalan tubuh memiliki respon yang buruk sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit. Padahal, di tengah wabah ini masyarakat dituntut untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tak mudah tertular virus. Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat di tengah wabah Corona.

RELATED:


Makanan manis mengandung gula yang cukup tinggi, dan hal itu bisa mengakibatkan kesehatan tubuh memburuk. Kecemasan, tekanan terhadap kekebalan tubuh, hingga kematian dini merupakan efek buruk dari banyaknya mengonsumsi gula berlebih.

Bukannya menghilangkan rasa lapar, justru mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi bisa merangsang rasa lapar lebih cepat. Maka, hindarilah mengonsumsi makanan tinggi gula dan pilih camilan sehat yang mengenyangkan seperti buau rendah gula atau kacang-kacangan.

Masa-masa social distancing memang bisa menimbulkan stres bagi sebagian orang yang tak terbiasa berada di rumah saja. Namun, hal tersebut tak bisa dijadikan alasan untuk mengonsumsi minuman tak sehat seperti minuman beralkohol.

Tak hanya itu, bagi Anda para pecinta teh dan kopi, sebaiknya mulai hindari atau kurangi mengonsumsi kedua jenis minuman tersebut agar tubuh tetap sehat. Sebab, konsumsi kafein yang berlebih bisa menyebabkan insomnia, gelisah, hingga diare.

Selama masa social distancing ini, tak sedikit masyarakat yang membeli banyak makanan instant sebagi stok selama wabah virus covid-19. Padahal, banyak mengonsumsi makanan instan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya tidak dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.
Alangkah lebih baik jika Anda membeli makanan sehat yang kemudian Anda masak setengah matang. Kemudian Anda masukkan ke lemari es untuk diolah kemudian hari. Hal itu lebih sehat dibandingkan makan makanan instan.

Dalam menjalani masa social distancing, banyak orang yang memanfaatkan hal ini sebagai ajang untuk melampiaskan keinginannya mengonsumsi banyak jenis makanan. Hal tersebut juga dipicu oleh rasa bosan selama berada di rumah. Namun, agar tubuh tetap sehat,Anda harus bisa mengatasi dan membatasi keinginan tersebut.

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi keinginan Anda tersebut. Misalnya dengan cara berpuasa atau menyiapkan makanan alternatif yang lebih sehat.


BACA JUGA :


Meskipun menahan diri untuk tidak keluar rumah, tetapi bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Justru hal tersebut bisa membuat tubuh Anda rentan terkena penyakit. Maka, teruslah bergerak dan lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

Anda bisa mencoba beberapa resep masakan baru, membersihkan dan mengubah tatanan dalam rumah, merapikan kebun, dan sebagainya agar tubuh tetap bergerak aktif selama masa social distancing.

RELATED:


Itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak gampang tertular virus penyakit, terutama yang sedang melanda saat ini, virus Corona covid-19. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel