Inilah 8 Jenis Sistem Operasi Linux yang Paling Populer



Inilah 8 Jenis SistemOperasi Linu Terpopuler

Inilah 8 Jenis Sistem Operasi Linux - Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasis UNIX. Linux juga merupakan suatu hasil dari pengembangan sebuah proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang paling besar di dunia. Berbeda dengan Windows yang hanya bergantung pada satu vendor, Linux bisa digunakan, didistribusikan, dikembangkan, bahkan dimodifikasi oleh siapa saja.

Hal tersebut yang memicu munculnya beberapa jenis linux. Namun, linux memiliki kelemahan dalam hal pengendalian (driver), yaitu tidak didukung oleh produsen hardware. Oleh sebab itu, para pengembang dituntut untuk membuat sendiri sistem pengendali.


Untuk mengenal beberapa jenis sistem operasi Linux, simak ulasan berikut.

Red Hat Linux

Sistem operasi ini menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Red Hat dilengkapi dengan aplikasi terbaru seperti OpenOffice, grafis GIMP 1.2.3, Diagram, aplikasi Multimedia Player, KOffice, dan lain-lain. Sistem ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan dalam proses menginstalnya.

Baca juga : Distro Linux Terbaik 2020 Untuk Pemula

Debian Linux

Sistem operasi ini tergolong cukup lama dan setiap tahun selalu dikembangkan hingga memiliki beberapa versi. Debian Linux menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari sistem operasi untuk komputer admin atau server. Sedangkan untuk tujuan personal, sistem ini kurang direkomendasikan.

Ubuntu Linux

Sistem operasi yang satu ini merupakan hasil pengembangan dari Debian Linux. Bedanya, jika Debian Linux hanya cocok untuk komputer admin dan server, Ubuntu Linux cocok untuk komputer server atau admin dan juga komputer pribadi atau personal.

Linux Mint

Setelah mengembangkan Ubuntu, Debian juga mengembangkan Linux Mint yang bisa dikatakan sebagai cucu dari sistem operasi linux tersebut. Hal itu dikarenakan sistem operasi ini dikembangkan dari Ubuntu. Linux Mint dibuat dengan tujuan untuk penggunaan komputer personal (PC) atau pribadi.

Varian dari Linux Mint sendiri terbagi dua, yaitu MATTE dan CINNAMON. OS Linux Mint pada CINNAMON lebih modern daripada MATTE, tetapi tak se-stabil MATTE. Selain itu, pada beberapa komputer, CINNAMON belum dapat mendukung kartu grafis.

Fedora Linux

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Fedora Project ini sebelumnya bernama Federa Core dan merupakan sebuah distri Linux yang berbasis yum dan RPM. Sistem ini disponsori oleh Red Hat dan didukung oleh komunitas pemrogram.

Versi terbaru dari Fedorw Linux yaitu Fedora 24. Ada beberapa kelebihan dalam versi ini, di antaranya yaitu versi ‘Glitch-Free’ untuk PackageKit-Framework, Audit dan Intrusion-Detection Sectool, system security, dan PulseAudio. Namun, update dari Fedora Linux tak teratur seperti Ubuntu akibat proses dan tipe pengembangannya.

RELATED:


SuSE Linux

Sistem operasi Linux yang satu ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digemari dan digunakan oleh sebagian besar pengguna di Eropa. Hal itu disebabkan karena manajemen sistem ini memiliki kemudahan serta tampilan desain yang lebih segar. Kedua faktor tersebut menjadi nilai tambah bagi SuSE Linux.

CentOS Linux

CentOS Linux merupakan sebuah sistem operasi enterprise yang dirilis pertama pada tahun 2004 dan merupakan sistem operasi enterprise yang paling besar dan populer di kalangan para pengguna.

CentOS Linux sendiri tidak disarankan bagi para pemula. Namun, ditujukan bagi para pengguna yang memiliki kemampuan lebih serta wawasan dalam penggunaan Linux.

Slackware Linux

Dibandingkan dengan sistem operasi yang laim, Slackware merupakan sistem dalam pengoperasian linux yang paling tua. Sistem operasi Slackware Linux ini awalnya merupakan sebuah proyek pribadi.

BACA JUGA :
Demikianlah jenis-jenis sistem operasi Linux yang paling populer digunakan. Jenis sistem operasi yang manakah yang menjadi favorit Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel